RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH : SMA NEGERI 1 KALIDAWIR
MATA PELAJARAN : GEOGRAFI
KELAS : XI
SEMESTER : 1 (satu)
TAHUN PELAJARAN : 2010/2011
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 menit
I. STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis fenomena biosfer
II. KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
III. Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian fenomena biosfer
2. Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kehidupan di muka bumi.
3. Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran hewan dan tumbuhan
III. MATERI PEMBELAJARAN
1. Teo Pengertian fenomena biosfer
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi kehidupan di muka bumi
3. Faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran hewan dan tumbuhan
IV. INDIKATOR
I. Mendeskripsikan pengertian fenomena biosfer
II. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kehidupan di muka bumi
III. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran hewan dan tumbuhan.
V. METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Ketrampilan Proses
2. Strategi : Contextual Learning
3. Model :
4. Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
VI. LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama
Fase Pembelajaran | Kegiatan | Metode Pebelajaran | Sumber | Waktu | |
Guru | Siswa | ||||
Kegiatan pembuka | · Memberitahu materi yang akan di ajarkan · Menjelaskan perlunya materi di ajarkan | · Mendengarkan / menulis materi yang akan di ajarkan · Mendengarkan dan bertanya bila ada yang kurang jelas | Ceramah Dan Tanya jawab | 10 menit | |
Kegiatan Inti | · Guru menjelaskan bahan-bahan materi ü Definisi Biosfer ü Faktor yang Mempengaruhi Persebaran Flora & Fauna · Memberikan kesempatan siswa untuk bertanya · Mengelompokan siswa dalam 2-3 anak dalam 1 kelompok untuk mendiskusikan materi yang telah disampaikan dalam bentuk pertanyaan dan memberikan tugas individu (PR) pada siswa · Pengumpulan hasil diskusi | · Siswa memperhatikan dan mencatat penjelasan dari guru · Siswa bertanya bila ada yang kurang jelas · Siswa berkelompok dan mendiskusikan pertanyaan yang di berikan dari guru dan mencatat tugas individu(PR) · Siswa mengumpulkan hasil diskusi lalu kembali pada tempat semula | Ceramah,Diskusi Dan Tanya jawab | 70 Menit | |
Kegiatan penutup | · Guru memberi penguatan materi · Guru mengingatkan PR yang harus dikerjakan dan menginformasikan kapan PR akan dkumpulkan | · Siswa mendengarkan dan bertanya bila kurang jelas dari PR tersebut | Ceramah Dan Tanya jawab | 10 menit |
VII. SUMBER BELAJAR / ALAT / BAHAN
- Alat LCD, laptop, CD Pembelajaran tentang Dinamika Biosfer
- Sumber Belajar Bahan Geografi yang relefan
VIII. PENILAIAN
1. Teknik : Tugas Individu
Tugas Kelompok
2. Bentuk Instrumen
Ø Laporan kerja individu
Ø Laporan kerja kelompok
o Apa pengertian biosfer
o Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kehidupan di muka bumi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SMA NEGERI 1 KALIDAWIR
MATA PELAJARAN : GEOGRAFI
KELAS : XI
SEMESTER : 1 (satu)
TAHUN PELAJARAN : 2010/211
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 menit
I. STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis fenomena biosfer
II. KOMPETENSI DASAR
Menganalisis sebaran hewan dan tumbuhan
III. INDIKATOR
1. Menyimpulkan persebaran flora dan fauna di permukaan bumi
2. Menyimpulkan persebaran flora dan fauna di Indonesia
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat menyimpulkan persebaran flora dan fauna di permukaan bumi
2. Siswa dapat menyimpulkan persebaran flora dan fauna di Indonesia
V. MATERI PEMBELAJARAN
1. Persebaran flora dan fauna di permukaan bumi
2. Persebaran flora dan fauna di Indonesia
3. Identifikasi kerusakan flora & fauna serta dampaknya terhadap kehidupan
4. Usaha-usaha pelestarian lingkungan
VI. METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Ketrampilan Proses
2. Strategi : Contextual Learning
3. Model :
4. Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab
Pertemuan kedua
Fase Pembelajaran | Kegiatan | Metode Pebelajaran | Sumber | Waktu | |
Guru | Siswa | ||||
Kegiatan pembuka | · Memberitahu materi yang akan di ajarkan · Menjelaskan perlunya materi di ajarkan · Apersepsi | · Mendengarkan / menulis materi yang akan di ajarkan · Mendengarkan dan bertanya bila ada yang kurang jelas | Ceramah Dan Tanya jawab | 10 menit | |
Kegiatan inti | · Guru menjelaskan bahan-bahan materi ü Persearan Flora & Fauna di Permukaan Bumi ü Persebaran Flora & fauna di Indonesia ü Kerusakan Flora & fauna di indonesia · Memberikan kesempatan siswa untuk bertanya · Mengelompokan siswa dalam 2-3 anak dalam 1 kelompok untuk mendiskusikan materi yang telah disampaikan dalam bentuk pertanyaan dan memberikan tugas individu (PR) pada siswa · Pengumpulan hasil diskusi | · Siswa memperhatikan dan mencatat penjelasan dari guru · Siswa bertanya bila ada yang kurang jelas · Siswa berkelompok dan mendiskusikan pertanyaan yang di berikan dari guru dan mencatat tugas individu(PR) · Siswa mengumpulkan hasil diskusi lalu kembali pada tempat semula | Ceramah,Diskusi Dan Tanya jawab | 70 Menit | |
Kegiatanpenutup | · Guru mengingatkan PR yang harus dikerjakan dan menginformasikan kapan PR akan dkumpulkan | · Siswa mendengarkan dan bertanya bila kurang jelas dari PR tersebut | Ceramah Dan Tanya jawab | 10 menit |
VII. SUMBER BELAJAR / ALAT / BAHAN
- Alat LCD, laptop, CD Pembelajaran tentang Dinamika Biosfer
- Sumber Belajar Bahan Geografi yang relefan
VIII. PENILAIAN
1. Teknik : Penilaian Hasil Diskusi
2. Bentuk Instrumen : Laporan Kelompok
Ø Apa faktor yang mempengaruhi persebaran hewan & tumbuhan?
Ø Bagaimana persebaran flora & fauna di permukaan bumi?
Ø Bagaimana persebaran flora & fauna di Indonesia?
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus