Senin, 13 Desember 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH : SMA NEGERI 1 KALIDAWIR
MATA PELAJARAN : GEOGRAFI
KELAS : XI
SEMESTER : 1 (satu)
TAHUN PELAJARAN : 2010/2011
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 menit
I.     STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis fenomena biosfer

II.    KOMPETENSI DASAR
 Menjelaskan  pengertian fenomena biosfer

III. Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian fenomena biosfer
2. Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kehidupan di muka bumi.
3. Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran hewan dan tumbuhan

III.   MATERI PEMBELAJARAN
1. Teo Pengertian fenomena biosfer 
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi kehidupan di muka bumi
3. Faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran hewan dan tumbuhan
IV. INDIKATOR
I. Mendeskripsikan pengertian fenomena biosfer
II. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kehidupan di muka bumi 
III.  Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran hewan dan tumbuhan.
V.   METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan :  Ketrampilan Proses
2. Strategi :  Contextual Learning
3. Model :  
4. Metode :  Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
VI.  LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama
Fase Pembelajaran
Kegiatan
Metode Pebelajaran
Sumber
Waktu
Guru
Siswa
Kegiatan pembuka
· Memberitahu materi yang akan di ajarkan
· Menjelaskan perlunya materi di ajarkan  
· Mendengarkan / menulis materi yang akan di ajarkan
· Mendengarkan dan bertanya bila ada yang kurang jelas
Ceramah
Dan
Tanya jawab

10 menit
Kegiatan
Inti
· Guru menjelaskan bahan-bahan materi 
ü Definisi Biosfer
ü Faktor yang Mempengaruhi Persebaran  Flora & Fauna 
· Memberikan kesempatan siswa untuk bertanya
· Mengelompokan siswa dalam 2-3 anak dalam 1 kelompok untuk mendiskusikan materi yang telah disampaikan dalam bentuk pertanyaan dan memberikan tugas individu (PR) pada siswa 
· Pengumpulan hasil diskusi
· Siswa memperhatikan dan mencatat penjelasan dari guru
· Siswa bertanya bila ada yang kurang jelas
· Siswa berkelompok dan mendiskusikan pertanyaan yang di berikan dari guru dan mencatat tugas individu(PR)
· Siswa mengumpulkan hasil diskusi lalu kembali pada tempat semula
Ceramah,Diskusi
Dan
Tanya jawab
70 Menit
Kegiatan penutup
· Guru memberi penguatan materi
· Guru mengingatkan PR yang harus dikerjakan dan menginformasikan kapan PR akan dkumpulkan
· Siswa mendengarkan dan bertanya bila kurang jelas dari PR tersebut
Ceramah
Dan
Tanya jawab
10 menit
VII.  SUMBER BELAJAR / ALAT / BAHAN
Alat   LCD, laptop, CD Pembelajaran tentang Dinamika Biosfer
Sumber Belajar       Bahan Geografi yang relefan
VIII.  PENILAIAN
1. Teknik : Tugas Individu
Tugas Kelompok
2. Bentuk Instrumen
Ø Laporan kerja individu
Ø Laporan kerja kelompok
Apa pengertian biosfer
Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kehidupan di muka bumi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH :  SMA NEGERI 1 KALIDAWIR
MATA PELAJARAN :  GEOGRAFI
KELAS :  XI 
SEMESTER : 1 (satu)
TAHUN PELAJARAN : 2010/211
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 menit
I. STANDAR KOMPETENSI
Menganalisis fenomena biosfer 
II. KOMPETENSI DASAR
Menganalisis sebaran hewan dan tumbuhan
III. INDIKATOR
1.  Menyimpulkan persebaran flora dan fauna di permukaan bumi
2. Menyimpulkan persebaran flora dan fauna di Indonesia
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.   Siswa dapat menyimpulkan persebaran flora dan fauna di permukaan bumi 
2.   Siswa dapat menyimpulkan persebaran flora dan fauna di Indonesia 
V. MATERI PEMBELAJARAN 
1. Persebaran flora dan fauna di permukaan bumi 
2. Persebaran flora dan fauna di Indonesia 
3. Identifikasi kerusakan flora & fauna serta dampaknya terhadap kehidupan
4. Usaha-usaha pelestarian lingkungan
VI. METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan :  Ketrampilan Proses
2. Strategi :  Contextual Learning
3. Model :  
4. Metode :  Ceramah, Diskusi, Tanya jawab
Pertemuan kedua
Fase Pembelajaran
Kegiatan
Metode Pebelajaran
Sumber
Waktu
Guru
Siswa
Kegiatan pembuka
· Memberitahu materi yang akan di ajarkan
· Menjelaskan perlunya materi di ajarkan  
· Apersepsi
· Mendengarkan / menulis materi yang akan di ajarkan
· Mendengarkan dan bertanya bila ada yang kurang jelas
Ceramah
Dan
Tanya jawab

10 menit
Kegiatan
inti
· Guru menjelaskan bahan-bahan materi 
ü Persearan Flora & Fauna di Permukaan Bumi  
ü Persebaran  Flora  & fauna di Indonesia 
ü Kerusakan Flora & fauna di indonesia 
· Memberikan kesempatan siswa untuk bertanya
· Mengelompokan siswa dalam 2-3 anak dalam 1 kelompok untuk mendiskusikan materi yang telah disampaikan dalam bentuk pertanyaan dan memberikan tugas individu (PR) pada siswa 
· Pengumpulan hasil diskusi
· Siswa memperhatikan dan mencatat penjelasan dari guru
· Siswa bertanya bila ada yang kurang jelas
· Siswa berkelompok dan mendiskusikan pertanyaan yang di berikan dari guru dan mencatat tugas individu(PR)
· Siswa mengumpulkan hasil diskusi lalu kembali pada tempat semula
Ceramah,Diskusi
Dan
Tanya jawab
70 Menit
Kegiatanpenutup
· Guru mengingatkan PR yang harus dikerjakan dan menginformasikan kapan PR akan dkumpulkan
· Siswa mendengarkan dan bertanya bila kurang jelas dari PR tersebut
Ceramah
Dan
Tanya jawab
10 menit
VII.  SUMBER BELAJAR / ALAT / BAHAN
Alat   LCD, laptop, CD Pembelajaran tentang Dinamika Biosfer
Sumber Belajar       Bahan Geografi yang relefan
VIII.  PENILAIAN
1. Teknik : Penilaian Hasil Diskusi
2. Bentuk Instrumen : Laporan Kelompok
Ø Apa faktor yang mempengaruhi persebaran hewan & tumbuhan?
Ø Bagaimana persebaran flora & fauna di permukaan bumi?
Ø Bagaimana persebaran flora & fauna di Indonesia?

1 komentar: